Pengaruh Gaya Mengajar Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA IT Bina Amal Semarang
Keywords:
sepak bola, gaya mengajar, motivasi belajarAbstract
- Berdasarkan pengamatan didapati bahwa sebagian besar siswa kelas XI SMA IT Bina Amal tidak memiliki motivasi mengikuti pembelajaran, terutama pada materi sepak bola. Dengan demikian, adanya pembelajaran yang menerapkan variasi gaya mengajar diharapkan mampu menciptakan motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI pada materi permainan sepak bola di SMA IT Bina Amal Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksplanatif, dengan sampel 30 siswa kelas XI. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner, teknik analisis data menggunakan uji instrument, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi permainan sepak bola di SMA IT Bina Amal. Hal tersebut dilihat dari uji hipotesis yang menunjukkan ada hubungan signifikan antara gaya mengajar dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi permainan sepak bola di SMA IT Bina Amal dengan nilai sig. 0,005 < 0,05 atau nilai 3,033 thitung > ttabel 1,699. Berdasarkan hasil analisis koefisien menunjukkan besarnya R Square adalah 0,247 atau 24,7%. Hal ini menunjukkan bahwa variabel gaya mengajar mempengaruhi motivasi belajar sebesar 24,7% dan sisanya sebesar 75,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh gaya mengajar terhadap dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI pada materi permainan sepak bola di SMA IT Bina Amal.
Additional Files
Published
2024-10-31
Issue
Section
Articles