IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK DI SMA N 1 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES
IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KURIKULUM MERDEKA TERHADAP MATA PELAJARAN PJOK DI SMA N 1 BANJARHARJO KABUPATEN BREBES
Abstrak
Avria Ningsih. 2024. Implementasi Project Based Learning dalam Kurikulum Merdeka terhadap Mata Pelajaran PJOK di SMA N 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes Tahun 2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana implementasi atau penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran olahraga di SMA N 1 Banjarharjo dengan menggunakan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) di SMA N 1 Banjarharjo.
Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di SMA N 1 Banjarharjo Kabupaten Brebes. Sampel penelitian adalah guru di SMA N 1 Banjarharjo yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, studi kepustakaan, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka dalam PJOK telah meningkatkan kemampuan pengelolaan belajar siswa dan guru lebih mampu merancang pembelajaran interaktif dan memanfaatkan teknologi. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa Kurikulum Merdeka telah meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka dalam PJOK di SMAN 1 Banjarharjo telah berhasil meningkatkan kemampuan pengelolaan belajar siswa.