KOMPETENSI GURU PJOK DALAM PROSES PEMBELAJARAN SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA NEGERI KOTA PADANG
Abstract
Guru PJOK merupakan elemen terpenting terhadap jalannya proses pembelajaran, sehingga guru di tuntut beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan sistem pembelajaran. Guru PJOK perlu mengembangkan kompetensi dalam mengelola pembelajaran setelah adanya pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, meninjau, dan menganalisis kompetensi guru PJOK dalam proses pembelajaran selama pandemi Covid- 19 yang ada di SMAN di Kota Padang.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, yaitu menafsirkan data yang didapat dari lapangan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adala kusioner. Populasi dalam penelitian berjumlah 51 orang guru PJOK sedangkan pengambilan sampel menggunakn teknik Purposive random sampling yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis datanya menggunakan teknik presentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kompetensi secara keseluruhan dari guru PJOK SMAN di Kota Padang dalam kategori sangat baik. Sedangkan untuk hasil uraian beberapa aspek kompetensi guru PJOK SMAN di Kota padang menjelaskan bahwa, kompetensi kepribadian dalam kategori sangat baik. Kompetensi Pedagogik dalam kategori sangat baik. Kompetensi profesional dalam kategori sangat baik. Kompetensi sosial dalam kategori baik.
Kata Kunci : Covid-19, Kompetensi guru PJOK, Pembelajaran daring